2021 : mempertahankan prestasi, berkolaborasi dalam penurunan angka stunting di Bolmut

Penghargaan terkait penurunan stunting di Bolmut. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) patut berbangga atas prestasi yang diraih terkait penurunan stunting di Bolmut sebagai daerah lokus. Bahkan pada tahun 2020 per Agustus angka stunting di Bolmut mencapai 9,7 persen dari 15,30 persen pada tahun 2019.

Prestasi diraih jelang akhir dengan penghargaan terbaik pertama dalam empat kategori penghargaan pelaksanan aksi konvergensi penanganan stunting di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2019-2020 dalam penyampaian hasil penilaian kinerja delapan aksi konvergensi penanganan stunting bagi empat kabupaten lokus di Sulawesi Utara tahun 2020.

Prestasi ini menjadi tantangan di tahun 2021. Dimana Bupati sendiri menargetkan ke tingkat Nasional. Hal ini diperlukan kerjasama yang baik dan kolaborasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Antara pemerintah daerah baik ke tingkat Kecamatan hingga desa.

Bupati Depri Pontoh sendiri menyampaikan prestasi ini sebagai motivasi bagi daerah. Untuk terus menurunkan angka stunting di Bolmut. Bahkan sampai nol.


Ia mengatakan prestasi diraih ini merupakan tugas kita bersama. Prestasi ini merupakan keberhasilan tim terpadu kabupaten sehingga mendapat juara. Penanganan stunting kita keroyok bersama.

Komitmen Bersama

Pontoh meminta dalam penurunan angka stunting kordinasi lintas sektor dan komitmen kita semua merupakan kunci utama penurunan angka stunting di Kabupaten Bolmut.

“Marilah senantiasa kita bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing,” imbau Bupati.

Baca Pula:  Bolmut masuk daerah nominator Innovative Government Award tahun 2021

Dikatakannya hal ini untuk menjawab tuntutan serta harapan masyarakat akan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. “Saya juga mengharapkan kepala desa/sangadi agar  memprogramkan dan mengangarkan setiap tahunnya dalam anggaran pendapatan dan belanja desa,” tuturnya.



“Untuk kegiatan pencegahan dan penurunan stunting, karena kebijakan penggunaan dana desa menjadi motor utama penanggulangan stunting di Kabupaten Bolmut,” jelas Bupati.


Sebelumya, Ditjen Bina Bangda Sam Patoro Larobu, SH.,MH mengungkapkan Bolmut progres penurunan stunting sangat cepat. “Untuk itu diharapkan agar kinerja stunting dapat memenuhi 3 kriteria yakni inspiratif, inovatif dan replikatif,” tuturnya.

Sekda Bolmut Asripan Nani Sekda Bolmut Asripan Nani mengatakan walaupun saat ini dalam situasi wabah Covid-19 pemerintah daerah tetap melaksanakan program penurunan stunting. “Walaupun pemda saat ini dalam fokus penanganan dan pencegahan Covid-19. Tapi program stunting tetap dilaksanakan,” jelasnya.

Capaian Penurunan Stunting di Kabupaten Bolmut

Tahun 2016 : 43,8 persen
Tahun 2017 : 36,8 persen
Tahun 2018 : 22,4 persen
Tahun 2019 : 15,30 persen
Tahun 2020 : 9,7 persen (Agustus)


Prestasi yang diraih Kabupaten Bolmut

Kategori pelaksanaan aksi 5-8 Tahun 2019 terbaik pertama
Kategori pelaksanaan aksi 1-4 tahun 2020
terbaik pertama
Kategori inovatif, inspiratif dan replikatif
Terbaik pertama
Kategori Pameran Booth/stand pada pelaksanaan penilaian kinerja tahun 2020

Fakta menarik dan bermanfaat