/

Bolmut Juara ‘sapu bersih’ penghargaan penanganan stunting di Provinsi Sulut

Penyerahan penghargaan secara virtual diterima oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Selasa 29 Desember 2020 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mendapatkan kado spesial jelang akhir tahun 2020.

Kado spesial ini Bolmut meraih penghargaan terbaik pertama dalam empat kategori penghargaan pelaksanan aksi konvergensi penanganan stunting di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2019-2020 dalam penyampaian hasil penilaian kinerja delapan aksi konvergensi penanganan stunting bagi empat kabupaten lokus di Sulawesi Utara tahun 2020.


Penyerahan penghargaan diserahkan melalui Video Conference (Vicon) oleh asisten III Pemprov Sulut Gammy Kawatu. Bupati Bolmut Depri Pontoh sendiri menerima penghargaan di ruang rapat bupati dan didampingi wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, Sekda Asripan Nani, Kaban Bapeltibang Abdul Nazaruddin Malaho dan kadis kesehatan Bolmut Jusnan Mokoginta Serta jajaran dinas kesehatan Bolmut.


Direktur PEIPD Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, R. Budiono Subambang mengatakan penghargaan ini menjadi ajang pembelajaran dan daya saing kabupaten kota dalam penanganan stunting.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan di tengah pandemi pemerintah memastikan asupan gizi pada ibu hamil dan gizi anak serta kebersihan lingkungan. Hal ini dibutuhkan dukungan lintas sektor antar pemerintah dan masyarakat.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten yang berprestasi terbaik berkometmein dan berkolaborasi menangani stunting di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bolmut Depri Pontoh mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait. “Ini menjadi motivasi kepada kita, upayan akan nol stunting di Bolmut,” tuturnya.

Ia mengatakan prestasi diraih ini merupakan tugas kita bersama. Prestasi ini merupakan keberhasilan tim terpadu kabupaten sehingga mendapat juara.

“Dan kedepannya menjadi motivasi kita ke tingkat nasional sehingga penanganan stunting kita keroyok bersama,” ujar Bupati.

Prestasi yang diraih Kabupaten Bolmut

Terbaik pertama Kategori pelaksanaan aksi 5-8 Tahun 2019
Terbaik pertama Kategori pelaksanaan aksi 1-4 tahun 2020
Terbaik pertama kategori inovatif, inspiratif dan replikatif
Terbaik pertama Kategori Pameran Booth/stand pada pelaksanaan penilaian kinerja tahun 2020

Fakta menarik dan bermanfaat