/

Babay dan Djarumia kans kadis pariwisata Bolmut

Dua nama menguat calon kadis pariwisata Bolmut. (Foto Fandri Mamonto/Facebook Sisca Babay)

TORANGPEBERITA.COM- Jelang pelantikan pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut. Posisi jabatan kepala dinas pariwisata Bolmut hangat dibicarakan ada dua nama teratas yang akan mengisi posisi tersebut.

Dua nama ini santer dibicarakan di lingkungan pemerintah Kabupaten Bolmut. Bahkan sering disebut-sebut memiliki kans kuat sebagai kadis pariwisata. Pertama adalah Mohamad Noh Djarumia dan kedua Sisca Nurcahyani Babay. Ke dua nama ini pun memiliki jabatan sebagai kepala bagian. Djarumia saat ini menjabat sebagai kepala bagian barang dan jasa di setda pemkab Bolmut.

Babay sendiri menjabat sebagai kabag keuangan di DPRD Bolmut. Selain kedua nama tersebut ada satu nama yang ikut bersaing dalam posisi jabatan sebagai kadis pariwisata yaitu Nurul Amin.

Sementara itu sesuai jadwal dari panitia seleksi jabatan pada tahapan seleksi 31 Desember 2020 merupakan jadwal pelantikan pejabat definitif JPT pratama oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh.

Diketahui ada delapan jabatan yang telah dilelang secara terbuka dengan diikuti 19 peserta. Menariknya dari 19 peserta rata-rata memiliki jabatan. Baik sebagai plt kepala dinas, Kepala kantor, Kepala Bagian (Kabag) hingga kepala bidang.


Sebelumnya ketua pansel sekaligus Sekda Bolmut Asripan Nani Sekda Bolmut saat menyampaikan sambutan bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan pelaksanaan seleksi terbuka dan uji kesesuaian (job fit) jabatan tinggi pratama merupakan konsekuensi terhadap adanya perubahan dan lahirnya regulasi-regulasi yang baru terkait dengan kesesuaian kompetensi jabatan di jajaran birokrasi pemerintahan.


“Maksud dan tujuan dilaksanakannya seleksi terbuka JPT untuk mengisi 8 kekosongan jabatan yang telah disetujui dalam bentuk rekomendasi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” ujar Sekda.

Terpisah pegiat pariwisata Bolmut Sam Tampusu mengatakan nama-nama calon Kadispar yang digadang-gadang ini memiliki memampuan masing-masing dalam memajukan daerah tentunya dalam sektor pariwisata.

“Dan yang terpenting dalam kemajuan sektor pariwisata tidak luput dari campur tangangan masyarakat dan komunitas sadar wisata di Bolmut. Tinggal bagaimana siapapun yang terpilih bisa sama-sama dengan pokdarwis di Bolmut guna saling memberikan suport demi kemajuan pariwisata,” ujarnya.

Hal tersebut tidak luput daripada apa yang saya sampaikan sebelumnya. Jika semua sama-sama bergerak saya rasa kemajuan pariwisata di Bolmut akan terus meningkat melalui promosi pariwisata disegala aspek.


Meningkatkan dan mendorong penuh pelaku pariwisata dan ekraf untuk menciptakan hal-hal baru, seperti kerajinan tangan, daya tarik dan spot-spot selfie di objek wisata yang ada di Bolmut.

Intinya terus menciptakan kerjasama dari berbagai bidang untuk kemajuan pariwisata Bolmut dan terus melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat atau pelaku pariwisata sehingga mereka paham mengenai manajemen pengelolaan tempat wisata.

“Apalagi mereka tidak tahu mau berbuat apa. Nah jalan satun-satunya yang harus dilakukan adalah berkordinasi dulu dgn pemerintah setempat Lurah dan Camat kemudian melaksanakan kegiatan-kegiatan pelatihan kepariwisataan dan setelah pelatihan harus ada pendampingan sehingga semua berjalan dengan sebagaimana mestinya,” harap Tampusu.

Fakta menarik dan bermanfaat