/

Kaleidoskop 2020 : cerita warga saat banjir bandang landa Huntuk

Kaleidoskop 2020 desa Huntuk Kecamatan Bintauna waktu dilanda banjir. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COm- Tahun 2020 banjir bandang melanda desa Huntuk, Kecamatan Bintauna menyimpan duka yang mendalam bagi masyarakat desa Huntuk.


Bagaimana tidak banjir bandang yang terjadi pada Rabu 4 Maret 2020 dinihari membuat rumah masyarakat porak poranda dan penuh lumpur.

Kamis  5 Maret 2020 sebagian masyarakat Huntuk masih berada dilokasi pengungsian. Sebagian masyarakat ada yang membersihkan rumahnya dari lumpur.

Air disaluran berwarna coklat dimanfaatkan untuk membersihkan rumah mereka. Dokumen penting yang tersisa sempat dijemur. 


Peristiwa yang terjadi Rabu 4 Maret 2020 dinihari menurut Adri (43) warga Huntuk membuat dirinya bersama keluarga kaget. “Air datang begitu cepat, saya berusaha menyelamatkan barang-barang tapi tidak semuanya terselamatkan,” jelasnya.

Ia mengatakan, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 01.30 Wita membuat dirinya panik. “Saya menyelamatkan diri bersama keluarga dan anak,” ungkapnya dengan raut wajah yang masih sedih.

“Warga lainnya menggunakan tali untuk saling menyelamatkan, agar berkumpul bersama,” jelasnya.


Sementara itu data yang berhasil didapat pada tahun 2019 desa Huntuk memiliki jumlah penduduk 475, kepala keluarga 142, laki-laki 253 dan perempuan 222. Selain itu jumlah rumah warga sekitar 107 rumah. Dalam peristiwa banjir bandang ada beberapa rumah yang terseret banjir.

Fakta menarik dan bermanfaat