Strategi Sandiaga Uno dan tantangan calon kadis pariwisata Bolmut yang baru

Maskot Pesona Batu Pinagut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Presiden Jokowi telah melantik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno, Rabu 23 Desember 2020.

Sandiaga membeberkan sejumah strategi yang akan dilakukan kedepannya. Ia meyakini sektor parekraf akan menjadi lokomotif Indonesia untuk bangkit pasca pandemi Covid-19. Melanjutkan agenda pembangunan sehingga dapat terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya serta menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“(Ada) jutaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata, maupun ekonomi kreatif berjumlah belasan mungkin puluhan juta, yang harus kita selamatkan,” ujarnya usai diumumkan menjadi calon Menparekraf oleh Presiden Joko Widodo di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 22 Desember 2020 seperti dikutip dari Setkab.go.id

Ia nantinya akan menerapkan tiga strategi dalam mengembangkan parekraf ke depannya.

Pertama, strategi inovasi. Dengan menggunakan teknologi seperti big data dan pendekatan kekinian untuk memetakan, baik dari segi potensi maupun penguatan, serta memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan.

“Bukan hanya survive but also thrive. Survive and thrive, bertahan dan menangkap peluang menjadi pemenang,” kata Sandi.

Kedua, strategi adaptasi, termasuk di saat pandemi sekarang ini. “Kita sekarang menghadapi pandemi, (harus) mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekonomi kreatif, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment) salah satunya,” ujarnya.

Terakhir, strategi kolaborasi. Kementerian Parekraf akan berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk kementerian/lembaga, pemerintah daerah, akademisi, universitas, serta masyarakat dan dunia usaha.

“KADIN (Kamar Dagang dan Industri), HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), teman-teman PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) dan seluruh asosiasi yang tergabung dalam sektor yang teramat sangat penting ini,” ujar mantan wakil gubernur Jakarta ini.

Saya menyadari kebangkitan bangsa Indonesia pasca pandemi COVID-19 ini sangat bergantung pada penanganan masalah kesehatan.

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari Covid-19, dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Kita harus terus menjalankan kolaborasi, melanjutkan yang baik dan mengoreksi apa yang perlu diperbaiki,” ungkapnya.

Menariknya hal yang sama bakal terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut sendiri telah melakukan proses seleksi jabatan kepala dinas pariwisata.

Ada tiga nama yang mengikuti seleksi jabatan kadis pariwisata yaitu Sisca Nurcahyani Babay, Nurul Amin dan Mohamad Noh Djarumia.

Leader World Cleanup Day (WCD) Bolmut Sam Tampusu berharap kedepan kepala dinas pariwisata yang baru bisa menggandeng komunitas-komunitas sadar wisata yang ada di Bolmut. “Sehingga bisa sama-sama melangkah membangun sektor pariwisata yang berkelanjutan,” ujarnya.

Apalagi peran terhadap lingkungan pariwisata yang bersih sangat penting menciptakan kenyamanan bagi pengunjung atau wisatawan.

Terpisah ketua My Trip My Rumoloko (MTMR) Bolmut Lan Datukramat menambahkan semoga calon kadis nanti tetap lanjutkan prògram yang ada. perbaiki apa-apa yang kurang. “Dan kegiatan nanti agar lebih banyak berkomunikasi dengan pegita wisata biar bisa sinergi dalam mengesplore wisata di Bolmut,” ungkapnya.

Fakta menarik dan bermanfaat