/

Sosok Menteri Kesehatan Budi Sadikin Bankir senior hingga ahli keuangan

Budi Gunadi Sadikin/Menkes yang baru Foto:Rachman Haryanto/detik.com

TORANGPEBERITA.COM- Presiden Jokowi telah mengumumkan pengganti Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, Selasa 22 Desember 2020. Penggantinya yaitu Budi Gunadi Sadikin.

Budi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri I BUMN, ia sendiri sosok ahli keuangan yang pernah memimpin PT Bank Mandiri Persero Tbk. dan juga PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

Presiden akhirnya membuat keputusan untuk mengganti Terawan dengan sosok Budi Gunadi Sadikin, yang selain Wakil Menteri I BUMN, juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional.

“Budi Gunadi Sadikin, beliau sebelumnya adalah Dirut Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari Antara.

Namanya melejit sejak menjadi Direktur Utama PT Bank Mandiri memang kerap mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi.

Budi juga ditunjuk untuk memimpin PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) sekaligus memimpin holding BUMN sektor energi. Saat dia memimpin Inalum, berperan dalam pengalihan mayoritas saham di tubuh PT Freeport Indonesia ke pemerintah Indonesia.

Kariernya berlanjut menanjak setelah dipercaya menjadi Wakil Menteri I BUMN periode 2019—2024 dan Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) untuk menangani masalah sosial dan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Sosok Budi adalah pria kelahiran 8 Juli 1964. Dikenal sebagai bankir senior yang berpengalaman. Budi sebenarnya memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Fisika Nuklir lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Perjalanan karier Budi dimulai pada tahun 1988 dengan menjadi Staf Teknologi Informasi IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang. Setelah itu, Budi dipindah ke IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai System Integration & Professional Services Manager.

Kemudian karier Budi Gunadi Sadikin berlanjut di Bank Bali dengan beberapa jabatan sebagai General Manager Electronic Banking Wilayah Jakarta dan Chief General Manager Human Resources hingga 1999.

Setelah itu, Budi bergabung dengan ABN Amro Bank Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Consumer Banking hingga 2004.

Selanjutnya, da menjadi Executive Vice President Consumer Banking di Bank Danamon dan Direktur di Adira Quantum Multi Finance.

Pada tahun 2006, Budi bergabung ke Bank Mandiri. Sebelum menjadi Direktur Utama Bank Mandiri pada tahun 2013, jabatannya adalah Direktur Mikro dan Retail Banking. Pada tahun 2016, Budi menjadi Staf Khusus Menteri BUMN Rini Sumarno.

Pada Kabinet Indonesia Maju 2019—2024, Budi dipercara Presiden menjadi Wakil Menteri I BUMN dan juga Ketua Satgas PEN. Kini, Budi akan melanjutkan tanggung jawabnya sebagai Menteri Kesehatan RI.

Fakta menarik dan bermanfaat