Peran ibu dalam pembangunan desa di Bolmut

Pekerjaan pembangunan di Desa Melibatkan ibu-ibu. (Foto Facebook Dinas PMD Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Ibu memiliki peran dalam pembangunan di desa Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).


Hal ini diungkapkan oleh Kordinator Kabupaten (Korkab) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Bolmut Resty Manangin mengatakan erempuan itu sangat berperan penting dalam pembangunan desa. “Karena saat musyawarah desa untuk penyampaian usulan kegiatan di desa perempuan wajib diikut sertakan atau terlibat dalam musyawarah yang ada di desa,” ujarnya.

Bahkan pada pelaksanaan kegiatan perempuan bisa jadi pekerja di desa (HOK).

“Selain itu kami sebagai pendamping terus mendampingi proses pembangunan di desa sehingga pembagunan di desa berjalan dengan baik sesuai dgn perencanaan, tanpa melupakan kodrat dan kewajiban kita sebagai seorang ibu atau pun istri” ungkap Manangin.

Perempuan dalam hal ini ibu memiliki peran dalam pembangunan desa di Bolmut. (Foto Tiwi)

Sementara itu sambutan menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Republik indonesia yang di bacakan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Ainun Pontoh Talibo mengatakan peringatan hari ibu dirayakan setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan indonesia dari masa ke masa.

“Kongres perjuangan perempuan Indonesia dari tongak perjuangan perempuan Indonesia, dalam mengambil peran di setiap derap pembangunan di Indonesia,” ujarnya.

Perempuan mengisi ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan menyuarakan berbagai permasalahan, dan tutur serta mencari, serta menjadi solusi untuk mengantar Indonesia di titik sekarang.

Maka sangat disayangkan apabila perempuan masih harus menghadapi berbagai ketimpangan, melalui dari mengakses, berpartisipasi, ikut menetukan arah, serta menikmati manfaat pembangunan.

Terlebih pandemi Covid 19 menempatkan permpuan dalam situasi yang lebih rentan. Hal ini tergantung dalam hasil survei dari UN Women yang menujukkan bahwa pandemi Covid 19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidakseteraan gender.

“Serta dapat mengancam upaya pencapaian tujuaan pembangunan berkelanjuatan. Situasi yang serba sulit ini ternyata tidak menghentikan langkah perempuan perempuan indonesia untuk hadir di garda terdepan,” kata Talibo.

Melalui Peringatan Hari ibu (PHI) Ke-92 tahun 2020 ini diharapkan perempuan perempuan indonesia sadar betapa berharga dirinya. Utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan indonesia di masa yang lalu dalam gerak sekecil apapun, yang berarti melebig apapun. Untuk itu, mari warnai PHI dengan peran, kerja dan karya nyata dari anda semua untuk indonesia tercinta, perempuan berdaya indonesia maju.

Sebelumnya Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan melalui momentum peringatan hut ke-21 DWP dan hari ibu ke-92, ia mengajak semua pihak untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan.

“Dalam berbagai sektor kehidupan serta membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan,” ungkapnya.

Hal ini membuktikan perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan. 

Fakta menarik dan bermanfaat