Pembangunan di Utara Sulawesi, wakil Bupati Buol : BKSU harus solid

Wakil Bupati Buol dalam kegiatan BKSU di Bolmut. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)


TORANGPEBERITA.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menjadi tuan rumah pertemuan Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU) dalam rangka mengakhiri masa jabatan ketua BKSU periode tahun 2020 dan penetapan ketua BKSU periode tahun 2021, Senin 14 Desember 2020, di gedung wanita, pantai Batu Pinagut, Kaidipang.

Wakil bupati Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, Abdullah Batalipu yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan mengacu pada UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan PP No. 28 tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah maka bisa di bentuk sebuah Perda tentang kerjasama. “Ayo pak, kita bentuk dulu kantor BKSU,” ujarnya.

Ia mengatakan agar daerah yang tergabung dalam BKSU ini untuk tidak setengah-setengah dalam bekerja sama, BKSU harus solid dan satu demi mencapai tujuan awal di bentuknya BKSU tersebut.

Secara khusus, tujuan awal kerjasama ini adalah untuk mendorong akselerasi pembangunan di kawasan Utara Sulawesi dengan prinsip saling memperkuat sehingga diharapkan dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara kelestarian SDA serta lingkungan dan mewujudkan kawasan strategis nasional perbatasan dari aspek ekonomi wilayah.

Sementara itu Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan secara khusus tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mendorong akselerasi pembangunan di kawasan Utara Sulawesi.

“Dengan prinsip saling memperkuat sehingga diharapkan dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara kelestarian sumber daya alam serta lingkungan dan mewujudkan kawasan strategis nasional perbatasan dari aspek ekonomi wilayah,” ujar ketua BKSU periode tahun 2020 ini.

Enam tahun sudah BKSU mengisi ruang pembangunan bangsa dalam lintas dimensi. Lintas aspek dan lintas sektor melalui optimalisasi potensi masing-masing daerah.

“Sehingga kita dapat melihat bagaimana perubahan demi perubahan terjadi, kemajuan demi kemajuan terlihat yang menampakan trend positif pada indikator makro ekonomi masing-masing daerah yang didasarkan pada pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, kepadatan penduduk, presentasi kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” ucap Pontoh.

Sampai saat ini BKSU tetap eksis menjadi wadah silahturahmi dan saling mendukung dalam berbagai program kegiatan, dalam mendorong dan mempercepat pembangunan di kawasan utara-utara pulau Sulawesi.

“Melalui tiga program unggulan yaitu pengembangan peternakan sapi potong, pengembangan pariwisata dan program bidang perikanan budidaya melalui pengembangan udang Vaname,” jelas Bupati.

Fakta menarik dan bermanfaat