Rektor UNG sampaikan pengembangan kawasan berbasis pedesaan di Bolmut

Rektor UNG Eduart Wolok saat melakukan kunjungan kerja di Bolmut. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Dr. Eduart Wolok, ST, MT melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Jumat 11 Desember 2020.

Selain kunjungan kerja kegiatan rektor UNG juga dalam rangka penandatangan MoU antara pemda Kabupaten Bolmut dan UNG bertempat di gedung wanita, pantai Batu Pinagut, Kecamatan Kaidipang.

Kunjungan kerja ini diterima langsung Bupati Bolmut Depri Pontoh didampingi wakil bupati Amin Lasena, Sekda Bolmut Asripan Nani.

MoU sendiri terkait penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kelembagaan di Kabupaten Bolmut.

Rektor menyampaikan gagasan dimana UNG memfokuskan pengembangan kawasan ekonomi khusus pedesaan di Teluk Tomini. Selain itu di Utara Sulawesi.

Baca Pula:  Rabu Berbusa inovasi puskesmas Bolangitang sukseskas program germas
Kunjungan Kerja Rektor UNG di Bolmut. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)

Dilansir dari UNG.AC.ID Diketahui sebelumnya Rektor UNG bertemu dengan Presiden Jokowi menyampaikan beberapa poin penting. Salah satunya adalah terkait agenda UNG selama ini yang menegaskan diri sebagai kampus kerakyatan.

Kampus Kerakyatan ini bukanlah jargon dan judul, namun agenda aksi yang substantif, yang memfokuskan pada pengembangan kawasan berbasis perdesaan.

Ia mengatakan kenapa desa? Karena selama ini desa adalah unit terkecil dari negara yang masih jauh dari tata kelola ideal. Apalagi Kemendikbud saat ini menugaskan kepada semua perguruan tinggi untuk mulai menggagas Merdeka Belajar, kami di UNG menjadikan desa sebagai bagian dari program tersebut. Desa harus merdeka dari kemiskinan, desa harus garda terdepan kemajuan bangsa.

Baginya, sudah saatnya kerjasama daerah dalam kawasan harus diinisiasi, Gorontalo tak bisa berdiri sendiri, harus bergandeng tangan dengan Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Dalam kunjungan ke Bolmut Rektor UNG didampingi ketua senat UNG Prof Dr Rauf Hatu M.Si, para wakil rektor, dekan di Fakultas UNG hingga pejabat UNG.

Fakta menarik dan bermanfaat