Lima poin kerjasama untuk difokuskan antara pemkab Bolmut dan UNG

Penandatangan MoU antara pemkab Bolmut dan UNG. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Dr. Eduart Wolok, ST, MT melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Jumat 11 Desember 2020.

Selain kunjungan kerja kegiatan rektor UNG juga dalam rangka penandatangan MoU antara pemda Kabupaten Bolmut dan UNG bertempat di gedung wanita, pantai Batu Pinagut, Kecamatan Kaidipang.

Kunjungan kerja ini diterima langsung Bupati Bolmut Depri Pontoh didampingi wakil bupati Amin Lasena, Sekda Bolmut Asripan Nani.

MoU sendiri terkait penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kelembagaan di Kabupaten Bolmut.

Bupati Depri Pontoh mengatakan Kabupaten Bolmut sendiri pengembangan sumber daya manusia merupakan prioritas utama pemerintah daerah dalam mewujudkan visi mewujudkan Bolaang Mongondow Utara yang berkelanjutan, mandiri, berbudaya dan berdaya saing. 

“Kita semua tentu berharap, momentum penandatangan nota kesepahaman ini, kian memperkuat komitmen kita, baik itu pemerintah kabupaten maupun Universitas Negeri Gorontalo, untuk terus berkiprah dan sama-sama berkarya nyata dalam memajukan daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Bolmut,” ujar Bupati.

Diketahui lima poin kerjasama yang disepakati untuk di fokuskan. Pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia di kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Kedua, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar dan lokakarya. Ketiga, pengembangan kompetensi dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam jabatan dan aparatur di lingkungan pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Utara;  

Keempat, pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengembangan masyarakat. Dan kelima, pendampingan desa dalam rangka meningkatkan status desa. 

Menurut Bupati dari kelima point tersebut, tentunya yang paling utama adalah ikut dan terus berpartisipasi aktif membangun sumber daya manusia daerah yang berkualitas dengan selalu meningkatkan dan memperkuat basis pendidikan masyarakat.

Karena membangun sumberdaya manusia berkualitas ini mempunyai makna sangat strategis bagi pembangunan daerah untuk jangka panjang. apalagi pembangunan dewasa ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia merupakan variabel utama yang menentukan keberhasilan pembangunan. 

Dalam kunjungan ke Bolmut Rektor UNG didampingi ketua senat UNG Prof Dr Rauf Hatu M.Si, para wakil rektor, dekan di Fakultas UNG hingga pejabat UNG.

Fakta menarik dan bermanfaat