Ini jumlah paku yang digunakan pada Pilkada Sulut 2020 di Bolmut

Paku yang digunakan saat pencoblosan. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Tahukan anda, berapa jumlah paku yang disediakan oleh KPU Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020 ini khusus di Bolmut?

Torangpeberita.com mencoba menghitung untuk anda, dari data KPU Bolmut jumlah TPS di Bolmut ada 171 dari 107 desa dan kelurahan di enam Kecamatan.

Setiap TPS rata-rata memiliki empat bilik suara. Dan setiap bilik suara ada satu paku. Maka total paku yang dibutuhkan saat pencoblosan adalah 684.

Dari data webkuli.com, untuk paku berukuran 10 cm yang dipakai di bilik suara, setiap kilogramnya rata-rata ada sebanyak 75 buah.

Jadi berat total dari paku yang dipakai di seluruh bilik suara pada Pilkada Sulut di Bolmut tahun 2020 sekitar 9 kilogram.

Harga paku 10 cm per Desember 2020 yang dikutip dari sejasa.com adalah Rp 17.000 per kilogram. Jika dikali dengan 9 kilogram, maka dana yang harus dibelanjakan untuk keperluan paku di bilik suara sebesar Rp153.000.

Harga tersebut belum termasuk harga keuntungan perusahaan yang memenangi tender pengadaan logistik, harga perusahaan konsultan dan ongkos-ongkos lainnya yang biasanya menyertai setiap tender proyek di pemerintahan.

Fakta menarik dan bermanfaat