Forum Anak Daerah : Wadah menyuarakan aspirasi anak Bolmut

Kegiatan pemilihan ketua dan pengurus forum anak daerah Kabupaten Bolmut periode 2020-2023. (Foto Rahmat Tegila Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam hal ini dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) menggelar pemilihan ketua dan pengurus Forum Anak Daerah (FAD) Bolmut periode 2020-2023.

Dalam pemilihan ini diikuti sebanyak 28 anak di Kabupaten Bolmut dari perwakilan Kecamatan dan sekolah. Kegiatan sendiri dilaksanakan di pantai Bundho, desa Duini, Kecamatan Pinogaluman, Sabtu 5 Desember 2020.

Bupati Bolmut Depri Pontoh dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama mengatakan sebagaimana amanat undang-undang perlindungan anak, bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat manusia. “Serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut berbagai kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah dibidang partisipasi anak antara lain pembentukan wadah-wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi pendapat dan harapan anak sebagai bentuk partisipasi anak dalam proses pembangunan.

Ia mengatakan salah satu program dalam kebijakan partisipasi anak dalam proses pembangunan. “Salah program dalam kebijakan partisipasi anak tersebut adalah mengadakan pertemuan dan pembentukan forum anak daerah,” ungkapnya.

“Saya memberikan apresiasi dan dukungan atas dilaksanakannya pemilihan dan pembentukan forum anak daerah di Kabupaten Bolmut sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah daerah dalam menjamin perlindungan terhadap anak,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) pemberdayaan perempuan dan anak Fadhilah, SE menambahkan keberadaan anak-anak sangat penting dan menjadi perhatian. “Terhadap bagaiamana mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ungkapnya.

Fakta menarik dan bermanfaat