Bupati Bolmut canangkan ‘Mama Kelor’ mari makan kelor

Bupati Bolmut Depri Pontoh dan wakil Bupati Bolmut Amin Lasena saat mencanangkan Mama Kelor. (Foto Rahmat Tegila Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolmut Depri Pontoh mencanangkan inovasi Mama Kelor (Mari Makan kelor) di kampung KB desa Gihang, Kecamatan Kaidipang, Jumat 4 Desember 2020.

Kegiatan oleh dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Bolmut, bekerjasama dengan PKK, DWP, dan Bhayangkari Kabupaten Bolmut.

Diketahui pelaksanaan kegiatan inovasi ini awalnya muncul dari pelaksanaan forum musyawarah desa yang menginginkan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) itu maju dan dikenal.

Dalam pertemuan tersebut timbul ide untuk menjadikan kampung kb yang saat ini direbrending menjadi kampung berkualitas untuk membudidayakan penanaman kelor disetiap halaman rumah penduduk desa Gihang.

Hal ini harapkan desa Gihang akan dikenal sebagai desa inovasi mama kelor yang menjadikan pelaksanaan dari oleh dan untuk masyarakat menjadikan nyata program bangga kencana yaitu membangun dari pinggiran atau membangun dari desa.

Terkait inovasi ini Kepala Dinas (Kadis) PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama mengatakan pengertian inovasi mama kelor adalah dimana penduduk desa Gihang akan membudidayakan penanaman tanaman kelor yang nantinya akan dikonsumsi oleh masyarat itu sendiri. “Dan bila ini berkembang bisa bisa dibuatkan bahan baku untuk menjadi industri rumah tangga berupa makanan ringan yang bisa membantu ekonomi serta memberi manfaat peningkatan kesehatan masyarat dari gizi daun kelor yang dikonsumsi,” ujarnya.

Ia mengatakan manfaat mengkonsumsi kelor begitu banyak manfaat tanaman kelor yang selama ini kita hiraukan ada dan tersedia di desa dirumah yang mungkin hanya menjadi konsumsi hewan peliharaan. “Padahal memiliki banyak manfaat untuk diri kita sendiri, sehingga dari informasi yang disampaikan hari ini dapat merubah pola kebiasaan masyarakat untuk mengkonsumsi kelor,” ungkapnya.

Baca Pula:  Pentingnya pengetahuan keselamatan kerja bagi petani dan pelaku usaha gula aren di Bolmut

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) KBKS Dinas PPKBPPPA Meity Tombinawa menambahkan kegiatan ini juga bermitra dan terpadu dengan kegiatan PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa, Dharma Wanita Persatuan serta Bayangkari. “Yang pelaksanaannya akan di evaluasi terus sehingga nanti akan bermanfaat untuk masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Manfaat mengkonsumsi kelor

1). Memeberi nutrisi untuk tubuh karena kandungan dari daun kelor berupa protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, vitamin a,c dan mikkrogram folat.

2). Kaya anti oksidan

3). Menurunkan kadar gula

4). Membantu meredakan peradangan

5). Menurunkan kolesterol

6). Melindung tubuh dari keracunana arsen

7). Menghambat pertumbuhan sel kangker

8). Baik untuk daya ingat dan jantung

9). Mencegah anemia,mencegah kerusakan dna janin dan komplikasi kehamilan

10). Berpotensi mengatasi infeksi bakteri

11). Dipercaya baik untuk wanita monopause

12). Baik untuk anak yang malnutrisi termasuk anak anak stunting

Fakta menarik dan bermanfaat