Bupati Bolmut : Yang bersumpah berjanji akan mentaati segala peraturan

Proses pengambilan sumpah Janji ASN. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolmut Depri Pontoh memimpin apel Senin 30 November 2020 sekaligus pengambilan sumpah janji PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Bolmut.


“Alhamdulillah, pada hari saya Bupati Bolmut telah mengambil sumpah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemkab Bolmut berjumlah 234 orang dan beberapa PNS yang belum diambil sumpah dilingkungan pemkab Bolmut,” ujar Bupati Bolmut Depri Pontoh.

Bupati mengatakan berdasarkan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017, pasal 39 ayat (1) menyebutkan setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah dan janji pelaksanaan pengambilan sumpah PNS ini adalah dalam rangka membina pegawai negeri sipil yang jujur.

“Dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat,” kata Pontoh.


Sumpah janji adalah suatu kesanggupan untuk mentaati keharusan atau untuk tidak melakukan larangan yang ditentukan. Yang diikarkan dihadapan atasan yang berwenang menurut agama atau kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa.

“Karena sumpah janji itu diikrarkan menurut agama atau kepercayaannya terhadap tuhan yang maha esa. Maka pada hakekatnya sumpah janji itu bukan saja merupakan kesanggupan terhadap tuhan,” bupati menambahkan.

Dimana yang bersumpah berjanji akan mentaati segala peraturan. “Dan tidak melakukan segala larangan yang telah ditentukan,” tutur Bupati.

Fakta menarik dan bermanfaat