‘Isu lingkungan hidup’ jadi perhatian pada APBD Bolmut 2021

Tumpukan sampah di jalan lingkar ke arah bangunan rumah dinas bupati dan wakil bupati Gulantu. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.com- Jumat 27 November 2020 Bupati Bolmut DDepri Pontoh menghadiri rapat paripurna DPRD penyampaian Ranperda tentang anggaran dan pendapatan belanja daerah Kabupaten Bolmut tahun anggaran 2021 bertempat di ruang sidang DPRD Bolmut.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Bupati. Dimana berdasarkan peraturan menteri dalam negeri  nomor 64 tahun 2020 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2021 dijelaskan pemerintah daerah harus mendukung tercapainya tujuh prioritas pembangunan nasional sesuai dengan potensi dan kondisi masing-masing daerah.

Dimana tujuh prioritas pembangunan nasional tahun 2021dimaksud meliputi pertama, memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan.

Kedua, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan. “Ketiga, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing,”ujar bupati.

Keempat, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. “Kelima, memperkuat infrastruktur untuk  mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar,”ia menambahkan.

Lanjut Pontoh keenam, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana, dan perubahan iklim. “Ketujuh, memperkuat stabilitas politik, hukum pertahanan dan keamanan dan transformasi pelayanan publik,”jelasnya.

oleh sebab itu dasar penyusunan RKPD tahun 2021 berpedoman pada tujuh prioritas pembangunan nasional dengan mempertimbangkan sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah yang telah dituangkan dalam kebijakan umum APBD (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara yang telah disepakati bersama antara pemerintah daerah dan DPRD sebagai dasar penyusunan rancangan  peraturan daerah tentang apbd tahun anggaran 2021.

Fakta menarik dan bermanfaat