Tumpukan sampah di wilayah Ibu Kota Kabupaten Bolmut jadi pekerjaan rumah

Tumpukan sampah yang berada di jalan trans Sulawesi dari arah Keakar. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Persoalan sampah masih tetap menjadi Pekerjaan Rumah (PR) buat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Selain itu persoalan sampah juga menjadi tanggung jawab bersama pemerintah desa, Kecamatan dan masyarakat.

Disisi lain tumpukan sampah berserakan masih terlihat dibeberapa titik wilayah Ibu Kota Kabupaten Bolmut. Misalnya di jalan trans Sulawesi dari arah ke akar terlihat tumpukan sampah. Padahal jalan ini merupakan lintasan mobil pengangkut sampah.



Selanjutnya di jalan dua jalur ke arah bangunan rumah dinas bupati dan wakil bupati di wilayah Gulantu. Tumpukan sampah terlihat dibeberapa titik. Bahkan beberapa hanya dibakar.

Leader World Cleanup Day (WCD) Sam Tampusu mengatakan hal ini miris dimana buang sampah sembarangan apalagi dengan tumpukan seperti itu. “Tentunya kita kedepan akan terus mensosialisasikan bahaya membuang sampah sembarangan,”ujarnya.

Baca Pula:  Arah angin bertiup sangat bervariasi warga Sulut termasuk Bolmut harus waspada

Dikatakannya hal ini agar supaya timbul kesadaran bagi diri masing-masing untuk tidak membuang sampah di sembarag tempat. “Terkait dengan hal itu nanti saya yang akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dimana titik sampah itu dibuang sebarangan,”ia menambahkan.

Sementara itu kepala dinas lingkungan hidup Kabupaten Bolmut Irma Ginoga menuturkan ini merupakan ulah orang yang tidak bertanggung jawab. “Itu indikasi sampah dari luar Bolmut,”ujarnya.

Baca Pula:  Bolmut raih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 dari Kementerian PPPA




Disinggung mengenai sampah di jalan lingkar dari arah Gulantu dirinya menuturkan mobil sampah yang khusus dalam kota mengalami kerusakan. “Jadi menunggu mobil yang diluar area gantian untuk angkut sampah sore,”ungkapnya.

“Saya harapkan kepada masyarakat Bolmut untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungannya demi berperilaku hidup bersih dan sehat, setiap orang bertanggung jawab untuk setiap sampah yang dihasilkan,”imbaunya.

Fakta menarik dan bermanfaat