Depri Pontoh : Pemda harus siap hadapi tantangan utama pembangunan di 2021

Bupati Bolmut Depri Pontoh Saat memberikan sambutan. (Foto Rahmat Tegila Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Jumat 27 November 2020 Bupati Bolmut DDepri Pontoh menghadiri rapat paripurna DPRD penyampaian Ranperda tentang anggaran dan pendapatan belanja daerah Kabupaten Bolmut tahun anggaran 2021 bertempat di ruang sidang DPRD Bolmut.

Bupati mengatakan pemerintah daerah harus siap menghadapi tantangan utama pembangunan tahun 2021. “Yaitu  bagaimana pemerintah mampu mensinkronisasi dan memadukan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi berkeadilan,”ujarnya.

“Yang didukung dengan pemantapan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan,” kata Bupati.

Dikatakannya penyusunan APBD tahun 2021 harus memenuhi kaidah-kaidah dan amanat peraturan perundang undangan yang berlaku.

Menurutnya proses penyusunan APBD tahun anggaran 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sehingga paling tidak terdapat tiga hal yang prinsip perbedaan dalam APBD 2021.

“Diantaranya pertama, struktur APBD tidak lagi mengenal belanja  langsung dan belanja tidak langsung. Kedua proses perencanaan dan penganggaran telah ter-akomodir dalam satu sistem, hal ini sejalan dengan upaya meng-integrasikan antara perencanaan dan penganggaran daerah dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah,”ia menambahkan.

Dan ketiga, paling mendasar adalah sistem informasi yang digunakan oleh pemerintah daerah adalah Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Fakta menarik dan bermanfaat