/

Suami dari Lena Mokoginta dianugerahkan gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi

Jenderal (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo. (Foto wikepedia)

TORANGPEBERITA.com- Jakarta, Selasa 10 November 2020 presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh di Istana Negara.


Dimana penganugerahan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 117 TK Tahun 2020 yang ditetapkan pada 6 November 2020.

“Menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada yang namanya tersebut dalam lampiran ini sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasanya luar biasa, yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” tulis Keputusan Presiden yang dibacakan dalam Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta seperti dikutip dari Antara.

Dari keenam tokoh tersebut ada nama Kapolri pertama, Jenderal (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo. Pemberian gelar pahlawan nasional berdasarkan hasil rapat Dewan Gelar.

Dikutip dari wikipedia Diketahui Soekanto menikah dengan Bua Hadjijah Lena Mokoginta, teman sekolah adik Soekanto di MULO, yakni Soenarti. Lena Mokoginta gadis asal Bolaang Mongondow, menetap di Jakarta setelah orang tuanya dikucilkan Belanda dari daerahnya.

Lena Mokoginta adalah putri mantan Jogugu (pepatih dalam) Kerajaan Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Korteverklaring), yang dikenal tidak menyukai kebijakan-kebijakan pemerintah kolonialisme Belanda. Mereka menikah pada tanggal 21 April 1932.

Fakta menarik dan bermanfaat