/

Pentingnya Air Minum di Kabupaten Bolmut

Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena Saat Membuka Kegiatan. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.com- Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan rencana induk sistem pengelolaan air minum di Kabupaten Bolmut, Selasa 27 Oktober 2020.

Wakil bupati mengatakan air minum merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkannya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. ” Untuk itu, sejalan dengan pentingnya peranan dan fungsi dari air minum perlu direncanakan suatu Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) sebagai salah satu pemanfaatannya sumbet daya air dan pengolahan sanitasi sebagai salah satu bentuk perlindungan dan pelestarian sumber daya air,”Ungkapnya.


Dikatakannya penyusunan rencana induk pengembangan sistim penyediaan air minum di Kabupaten Bolmut memiliki tujuan antara lain memiliki tujuan. “Pertama memberikan arahan bagi pemerintah daerah dalam menyusun rencana induk sistem penyediaan air minum sekaligus menyusun rencana induk sebagai model,”ujar Wabup.

Kedua, menjadi pedoman dalam pembuatan rencana detail dalam pekerjaan fisik serta menjadi bahan pertimbangan untuk menetapkan prioritas pembangunan pelayanan air minum di Kabupaten Bolmut. “Ke tiga, mewujudkan suatu sistem pelayanan air minum yang berkualitas, harga terjangkau dan efesien,”tambah Wabup.


Keempat, mengidentifikasi program-program air minum yang terpadu dan berkelanjutan. “Keempat poin nantinya akan menjadi bahan pertimbangan FGD ini untuk dibahas,”jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat