Kini Whatsapp Aktifkan Fitur Belanja

Ilustrasi fitur whatsapp /Voi.id

TORANGPEBERITA.com- Perkembangan teknologi di masa modern ini memang semakin canggih, halnya aplikasi WhatsApp yang menghadirkan fitur katalog terbaru untuk mempermudah pengguna akun bisnis berjualan.

Di November 2019 lalu fitur itu sempat ada, hanya sebatas etalase produk yang dijual bukan untuk bertransaksi. Dan kini WhatsApp telah menghadirkan fitur belanja sebagai pelengkap dari katalog tersebut.

Nantinya fitur belanja di WhatsApp tersebut memungkinkan pengguna akun bisnis menjual barang, dan pengguna biasa membeli barang dari katalog.

Fitur jual beli di WhatsApp ini resmi dirilis di beberapa negara termasuk di Indonesia, lewat pembaruan (update) terbaru di platform Android dan iOS.

Hal itu memudahkan para pelaku bisnis yang mengandalkan WhatsApp sebagai platform untuk berjualan.

Selain itu, WhatsApp juga menilai, pandemi global yang terjadi saat ini memperlihatkan bahwa suatu bisnis memerlukan cara yang cepat dan efisien, untuk melayani pelanggan dan mendorong penjualan.

“Ini akan membantu banyak bisnis kecil sebagai pihak yang paling merasakan dampak dari pandemi,” tulis WhatsApp dalam keterangan resmi Minggu 25 Oktober 2020.

Dengan fitur terbaru ini, pengguna bisa memilih barang yang tersedia dalam katalog suatu akun WhatsApp Business dan menambahkan ke dalam keranjang belanja.

Selain melakukan pembayaran, pengguna juga dapat memilih metode pengiriman yang dikehendaki.

Kendati demikian, belum diketahui metode pembayaran dan pengiriman apa saja yang bisa dipilih pengguna lewat fitur belanja lewat WhatsApp.

Namun, belum lama ini, Facebook sebagai induk WhatsApp diketahui mengalirkan kucuran dana kepada Gojek.

Dana tersebut konon digunakan untuk mendorong adopsi sistem pembayaran digital GoPay.

Sehingga, ada kemungkinan GoPay akan menjadi salah satu metode pembayaran dalam fitur baru ini.

Selain fitur belanja, WhatsApp juga merilis layanan hosting untuk mengelola pesan WhatsApp.



Sumber : RRI

Fakta menarik dan bermanfaat