Puskesmas Miliki Peran Penting Terkait Tingkat Kepercayaan Masyarakat Pada Pemerintah

Sekda Bolmut Asripan Nani, Pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dan Kabid Pelayan Kesehatan Dinkes Bolmut Sofian Mokoginta Serta Kepala Puskesmas di Bolmut. (Foto Ismail Lauma)

TORANGPEBERITA.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

“Sehingga puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama wajib terakreditasi,” ujar Sekda Bolmut Asripan Nani saat membuka kegiatan workshop keselamatan pasien manajemen resiko dan pencegahan penyakit infeksi penunjang akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten Bolmut Jumat 23 Oktober 2020 di hotel Aston Manado.

Dikatakan Sekda akreditasi merupakan pengakuan terhadap puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelanggara akreditasi yang ditetapkan oleh mentri kesehatan. “Setelah dinilai bahwa fasilitas kesehatan itu memenuhi standar pelayanan kesehatan yang telah ditetapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan,”ungkap Sekda.

Menurut Asripan pelayanan kesehatan di puskemas yang berkualitas memegang peran penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat. “Terhadap kinerja pemerintah sebagai pelayan publik yang merupakan salah satu pilar dalam memenuhi tuntutan reformasi birokrasi,”jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat