Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Sangkub, Terima Kasih TNI

Bupati Bolmut Depri Pontoh bersama Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong S.H. (Foto Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.com- Bupati Bolmut Depri Pontoh dan wakil Bupati Amin Lasena menghadiri penutupan kegiatan latihan penanggulangan bencana alam Komando Distrik Militer (Kodim) 1303 Bolaang Mongondow (Bolmong) di Desa Sangkub 1, Kecamatan Sangkub, Jumat 23 Oktober 2020.

Bupati mengatakan topografi dan geografis Bolmut sebagian besar pegunungan yang cukup terjal. “Dengan kondisi lapisan tanah cukup beragam, ada yang subur, cocok untuk lahan pertanian ada yang bebatuan,”ujarnya.

“Oleh karena itu tidak heran bila pemukiman masyarakat pada umumnya terletak di pesisir pantai,”Bupati menambahkan.

Dikatakan Bupati Bolmut termasuk daerah rawan bencana karena hampir disetiap tahun selalu berpotensi terjadi bencana alam. “Seperti tanah longsor, abrasi pantai, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan serta banjir bandang yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur, fasilitas umum rumah pemukiman dan areal pertanian,”tutur Bupati.

Baca Pula:  Hari ini, Persibolmut vs Ulul Albab duel perbaiki klasemen



“Hari Ini kita semua merasa bangga dan berbahagia menyaksikan satu wujud kepedulian dari jajaran TNI angkatan darat untuk menyelenggarakan satu kegiatan latihan penanggulangan bencana alam di Kabupaten Bolmut,”jelasnya.


Dikatakan Pontoh ini merupakan sumbangsih nyata dan kepeduliam Kodim 1303 Bolmong dibawah kordinasi Korem 131 Santiago yang turut serta melaksanakan pembangunan di daerah ini secara terpadu serta bahu membahu bersama pemerintah daerah. “Hal ini dengan berhasil membentuk tim pelopor bencana, dimana dari setiap desa rawan bencana terdapat tiga orang pelopor bencana yang bertugas sebagai informan pertama pada saat bencana di desa dengan melakukan memobilisasi masyarakat pada saat terjadi bencana titik kumpul sebelum dievakuasi,”ujarnya.

Baca Pula:  Kepada 72 sangadi di Bolmut yang baru dilantik, simak penyampaian Menteri desa ini

Diketahui latihan penanggulangan bencana alam bersama unsur basarnas, BPBD, dinas Kesehatan, dinas Kominfo, dinas perhubungan, Satpol-PP, Tagana dan pihak terkait lainnya.


Acara ini sendiri dihadiri oleh Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong S.H, Dandim 1303 Bolmong Letkol. Inf. Raja Gunung Nasution, SIP, Kapolres Bolmut AKBP. Eko Kurniawan, SIK dan Kajari Bolmut Moch. Riza Wisnu Wardana, SH., M.Hum. Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra.

Bupati Bolmut Depri Pontoh, wakil Bupati Bolmut Amin Lasena bersama Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong S.H. (Foto Humas Pemkab Bolmut)
Fakta menarik dan bermanfaat