/

‘Totopo’ Sumur Alam Yang Harus Dijaga Kelestariannya di Bolmut

PERLU DIJAGA  : Keberadaan dan Kelestarian Totopo di Kabupaten Bolmut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.com- Kamis 1 Oktober 2020 media ini melihat lokasi yang sering menjadi tempat pemandian anak-anak dan warga di desa Jambusarang, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Bertempat di jalan Limu media ini diajak salah satu warga Jambusarang Julman Suli (16) untuk pergi ke lokasi tersebut.

Kami dengan sepeda motor menuju ke lokasi. Melewati rumah warga, persawahan dan deratan bebatuan menghiasi pemandangan ke lokasi. Untuk ke lokasi jalannya sudah di aspal sebagian. Tinggal beberapa meter yang belum.

Menurut Julman mereka menyebutnya Totopo menjadi tempat mandi. “Apalagi kalau siang hari,”ujarnya.

Dikatakannya, airnya dingin sehingga banyak yang mandi. ” Ada yang berbentuk goa masuk ke dalam,”jelasnya sambil mengajak melihat Totopo.

Media ini diajak melihat dua lokasi Totopo yang memang terlihat deretan bebatuan, pohon.

Ridwan Lasamano pegiat budaya di Bolmut menuturkan dalam ensiklopedi Bolangitang yang sementara disusun oleh dirinya Totopo adalah sumur alam. “Tanpa digali karena terdapat aliran mata air dibawahnya,”ujarnya.

Dikatakannya biasanya Totopo terdapat di bawah rimbunan kayu-kayu besar atau batu besar. “Awalnya Totopo tidak digali, tapi ditemukan sudah terbentuk seperti sumur kecil yang selalu menyimpan air sepanjang musim, karena ditemukan, maka totopo dibuat jadi besar sebagai sumber air pegunungan,”ungkap Ridwan yang merupakan seorang Jurnalis di Bolmut ini.


“Keberadaan sumber mata air Totopo hanya akan bisa bertahan jika disekelilingnya masih terdapat pohon-pohon yang menjaga cadangan air dan erosi,”dirinya menambahkan.

Dikatakannya di wiilayah Bolmut setiap kawasan perkebunan terdapat Totopo ini.
“Totopo harus terus dpelihara kelestariannya, sebagai sumber mata air alam khas,”pesannya.

Fakta menarik dan bermanfaat