/

Bolmut Butuh Museum

Sekda Bolmut Asripan Nani Saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi Museum. (Foto Moh Firmansyah Goma Humas Pemkab Bolmut)





TORANGPEBERITA.com- Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) diharapkan segera memiliki museum. Hal ini diungkapkan dalam sosialisasi museum dan kegiatan pelestarian fisik dan kandungan naskah kuno di Kabupaten Bolmut.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) taman Budaya dan Museum Sulawesi Utara Selasa 20 Oktober 2020 di rumah makan Laviesta.

Sekda Bolmut Asripan Nani mengatakan saat ini Bolmut belum memiliki museum. “Hanya saja isi untuk museum sudah ada. Dimana Bolmut terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah yang merupakan warisan dari Kerajaan yang ada di daerah ini,”Ungkapnya.


“Sehingga pentingnya keberadaan museum di Kabupaten Bolmut. Agar peninggalan sejarah tersebut dapat dijaga, dirawat dan dilestarikan,”tambah Sekda.

Sementara itu pemateri Safri Agansi menyampaikan museum memiliki fungsi mengumpulkan, mengkaji. “Dan mengkomunikasikan kepada masyarakat,”jelasnya.

Sementara itu beberapa pertanyaan dari peserta sosialisasi adalah bagaimana di Kabupaten Bolmut memiliki museum hingga cara menyimpan beberapa peninggalan sejarah.

Fakta menarik dan bermanfaat