Sulut Waspada Potensi Megathrust

Peta Wilayah Pusat Gempa Regional X. (Foto BMKG)

TORANGPEBERITA.com- Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional Doni Monardo melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Utara.

Selain membahas tentang penanganan COVID-19, rapat koordinasi tersebut juga menyinggung mengenai potensi ancaman bencana alam khususnya yang berada di Provinsi Sulawesi Utara.

Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Evaluasi dan Monitoring Risiko Bencana BNPB Abdul Muhari menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara perlu waspada dengan adanya potensi megathrust yang ada disekeliling Bumi Nyiur melambai tersebut.

“Provinsi Sulawesi Utara perlu waspada dengan potensi megathrust yang ada disekeliling wilayahnya, antara lain Megathrust Sulawesi Utara, Megathrust Sangihe dan Megathrust Halmahera,”tutur Abdul.

Dirinya berharap guna menghadapi potensi bencana yang ada, Abdul mengungkapkan bahwa mitigasi bencana berbasis ekosistem menjadi hal yang sangat penting, karena dapat digunakan untuk waktu jangka panjang.

“Jika sekedar membangun infrastruktur, hal itu hanya mengurangi dampak kerusakan akibat bencana yang akan terjadi secara sementara. Tapi jika kita melakukan mitigasi berbasis ekosistem seperti misalnya membangun jalur evakuasi dari topografi alami dan vegetasi, hal ini dapat digunakan untuk waktu jangka panjang sekaligus memelihara ekosistem alam,”jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat