Bisakah kemampuan IQ ditingkatkan?

ZONAUTARA.com – Pernahkah kamu berpikir cara untuk meningkatkan level kecerdasan intelektual atau Intellegence Quotient (IQ)?

IQ merupakan istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar.

Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh masing-masing individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ.

Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis. Beberapa pendapat mengatakan bahwa IQ adalah sesuatu yang dibawa sejak lahir dan akan terbawa hingga dewasa. Benarkah demikian?

Jawabannya, tidak sepenuhnya benar. IQ memang bawaan sejak lahir, tetapi tingkat IQ seseorang dapat meningkat. Atau lebih tepatnya dapat diasah.

Kamu bisa meningkatkan level IQ dengan beberapa latihan penalaran dan menerapkan beberapa kebiasaan.

1. Menetapkan tujuan

Menetapkan tujuan dapat membantu otak bekerja dengan cara yang lebih terstruktur. Ketika mengerjakan sesuatu tetapkan target dan latih otak agar bisa mencapai target.

Bukan target mustahil yang tidak bisa dicapai, tapi anda harus membuat target sesuai kemampuan dengan sedikit tantangan untuk improvisasi kinerja otak.

2. Buat catatan

Otak kita lebih mudah engingat hal yang sudah dilakukan. Membuat catatan dapat membantu meningkatkan memori dan kecerdasan.

3. Lakukan kebiasaan dengan cara berbeda

Hal lainnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan inteligensi seseorang adalah dengan mengubah kebiasaan. Misalnya, jika kamu biasa memegang sikat gigi dengan menggunakan tangan kanan, cobalah untuk mengubahnya dengan menggunakan tangan kiri.

Dengan melakukan hal ini, otak akan tertantang untuk membuat jalur dan koneksi baru, untuk mempelajari kemampuan-kemampuan baru yang selama ini asing.

4. Membaca cepat (photoreading)

Pernah dengar teknik photoreading? Ya, seperti namanya, teknik ini merupakan salah satu teknik membaca dengan cara mengekstraksi isi bacaan dengan sangat cepat, secepat mengambil gambar menggunakan kamera.

Meski terkesan mustahil, tetapi teknik ini sebenarnya bisa dipelajari, dan mampu meningkatkan fungsi kognitif otak. Sebab, teknik membaca ini akan mengajarkan seseorang untuk menggunakan pikiran sadar dan alam bawah sadar ketika sedang membaca.

5. Latihan fokus

Seseorang biasanya akan lebih mudah terganggu dan kehilangan fokus ketika sedang mempelajari hal-hal baru. Coba latih kemampuan fokus anda saat mengerjakan hal-hal baru

6. Latihan dengan soal matematika atau game yang menantang

Tips satu ini sedikit lebih umum. Tapi kamu bisa mencoba sebagai bagian dari hiburan.

Dibanding memainkan game biasa kamu bisa mencoba game dengan tantangan dan membuat otak bekerja. Kamu juga bisa coba menyelesaikan latihan-latihan matematika.

7. Melakukan meditasi

Meditasi, menurut banyak riset, tidak hanya bagus untuk mengatasi stres dan memperbaiki suasana hati, tetapi juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Meditasi dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi, serta ingatan seseorang. Lakukan selama 30 menit setiap harinya, dengan membaginya ke dalam 2 waktu, pagi dan sebelum tidur malam, dengan durasi masing-masing 15 menit.

Fakta menarik dan bermanfaat