Menjaga warna apel tetap segar meski sudah dipotong

ZONAUTARA.com  – Mengonsumsi buah apel populer di berbagai kalangan. Tidak hanya rasa yang segar, buat ini juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Namun, hal yang sering mengganggu ketika apel yang disediakan mulai berubah warna menjadi kecoklatan.

Daging buah apel akan berubah menjadi cokelat setelah terkena udara. Hal ini merupakan bentuk pelindungan apel untuk melawan bakteri dan jamur. Warnanya berubah karena ada sel-sel yang mengalami kerusakan.

Dalam buah apel terdapat enzim polifenol oksidase (tirosinase), yang terdiri dari enzim monophenol oksidase dan katekol oksidase. Saat kita memotong apel lalu daging buahnya terkena oksigen, maka enzim tadi akan menghasilkan senyawa fenolik dalam jaringan apel berubah menjadi orto-kuinon (o-kuinon). O-kuinon ini membentuk antiseptik alami yang fungsinya memberikan perlindungan dari bakteri dan jamur.

Sebenarnya o-kuinon itu tidak memiliki warna. Namun karena bereaksi dengan amino dan oksigen maka menghasilkan melanin. Nah, melanin inilah yang memberikan warna cokelat pada sel-sel potongan apel tersebut.

Meski daging buahnya sudah berubah warna, apel ini masih aman untuk dikonsumsi. Hanya saja rasa enaknya berkurang. Warna coklat ini juga pastinya mengganggu. Nah, untuk menjaga warna apel agar tidak berubah cokelat, kamu bisa coba hal berikut.

1. Air garam

Larutkan sekitar setengah sendok garam ke dalam air pada sebuah wadah. Rendam potongan apel beberapa menit. Tiriskan. Warna potongan apel ini akan akan bertahan lebih lama.

2. Air perasan jeruk nipis

Larutkan perasan jeruk nipis kedalam air sebagai rendaman potongan buah apel. Diamkan beberapa menit dan tiriskan.

3. Air soda

Dibanding dua cara di atas, cara ini sedikit lebih baik karena tidak memberi efek rasa asin ataupun asam pada buah apel. Anda juga bisa memilih sprite sebagai alternatif rendaman buah apel untuk rasa yang lebih manis dan segar.

Fakta menarik dan bermanfaat