Jenis daging dan durasi penyimpanannya

ZONAUTARA.com  – Stok makanan yang disimpan dan tidak langsung diolah sudah menjadi hal biasa di dapur. Salah satunya adalah ketika bunda punya stok daging dan belum ingin langsung diolah.

Biasanya daging akan disimpan di kulkas ataupun freezer agar tetap awet. Ternyata tiap jenis daging memiliki durasi penyimpanannya beda-beda loh.

Simak pengetahuan umum berikut tentang durasi penyimpanan daging untuk tiap jenisnya.

1. Daging merah

Umumnya stok daging merah yang mentah harus disimpan di freezer untuk menghindari pembusukan. Nah, dalam keadaan beku daging ini bisa bertahan hingga 3-12 bulan.

2. Daging giling

Meski hampir sama dengan daging merah, setelah diolah menjadi halus daya tahan daging sudah tidak sama lagi loh. Dalam kondisi dibekukan, daging giling hanya akan bertahan 3-4 bulan. Terlebih jika anda menyimpannya di rak kulkas, jenis daging ini hanya bertahan 1-2 hari.

3. Sosis

Produk paling umum yang menjadi stok didapur ibu-ibu tanah air. Serbaguna, serta pengolahan yang relatif mudah dan cepat. Untuk penyimpanan produk satu ini bisa di kulkas maupun freezer. Untuk penyimpanan freezer pastinya akan bertahan lebih lama, yaitu sekitar 1-2 bulan. Sedangkan untuk penyimpanan di rak kulkas daging satu ini akan bertahan hanya sekitar 2 hari.

4. Daging matang

Punya sisa masakan daging yang belum habis. Misalnya sisa masakan dari acara atau pesta. Daging ini bisa anda simpan di freezer. Umumnya akan bertahan hingga 3-4 bulan. Penyimpanan di rak kulkas juga masa dimungkinan dengan ketahanan 3-4 hari.

5. Daging unggas

Daging ayam atau daging unggas lainnya bisa anda simpan di feezer hingga 9-12 bulan. Dengan catatan seperti daging merah sebelumnya, daging unggas pun sebaiknya belum diolah untuk daya tahan yang lebih lama.

6. Ikan

Berbeda dengan beberapa negara asing, di Indonesia kita bisa menikmati ikan segar setiap harinya. Namun, jika anda memiliki kelebihan stok yang perlu disimpan, maka daging ikan ini bisa bertahan hingga 2-3 bulan di freezer dan 3-4 hari di rak kulkas.

Fakta menarik dan bermanfaat