Ini 5 panduan perjalanan bagi lansia dan pasien kronis

ZONAUTARA.com – Covid – 19 berdampak kepada semua negara, tak terkecuali Indonesia. Indonesia sendiri sudah mencapai 162.884 yang positif, berdasarkan data terakhir Kamis (27/08/2020).

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang mengalami dampak terparah pada pandemi ini, semua tempat wisata baik dalam maupun luar negeri ditutup untuk meminimalisir penyebaran Covid -19.

Berdiam di dalam rumah menjadi pilihan utama saat pandemi yang melanda sebagian besar negara yang ada di dunia ini, namun bukan berarti kita sama sekali dilarang untuk melakukan perjalanan apalagi bagi mereka yang sudah lanjut usia (lansia) dan pengidap pasien kronis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ada 5 panduan perjalanan yang wajib diperhatikan untuk para lansia dan pengidap penyakit kronis. Apa saja?

1. Prioritaskan agenda
Karena Anda merupakan kelompok berisiko tinggi, maka prioritaskan agenda yang perlu didatangi. Jika tidak perlu dihadiri dan bisa diwakilkan, hindari perjalanan dan penerbangan.

2. Masker dan cuci tangan
Selama perjalanan dan penerbangan, selalu gunakan masker dengan kualitas tinggi. Masker hanya boleh dilepas ketika makan.

Ketika melepas dan menggunakan masker, cuci tangan terlebih dahulu dan masukkan masker ke dalam plastik.

3. Jaga jarak
Jaga jarak minimal satu meter dari orang lain.

4. Cuci tangan
Jangan malas cuci tangan pakai sabun setelah menyentuh benda apapun.

5. Bawa disinfektan
Bawalah disinfektan setiap bepergian. Disinfektan bisa digunakan untuk membersihkan benda-benda yang akan dipegang nanti.

Fakta menarik dan bermanfaat