Hal-hal yang sebaiknya kamu hindari saat sedang menstruasi

ZONAUTARA.com  – Selama masa menstruasi, ada beberapa hal atau aktivitas yang sebaiknya tidak kamu lakukan atau hindari.

Bila tetap memaksakannya, dampaknya akan berpengaruh pada mood dan rasa sakit ketika menstruasi terasa sangat mengganggu aktivitas harianmu.

Perhatikan! Hal-hal ini yang sebaiknya anda hindari saat sedang menstruasi:

1. Waxing atau cabut bulu

Perubahan hormon selama menstruasi membuat tubuh ketika cenderung lebih sensitif dan peka. Sehingga melakukan proses waxing atau mencabut bulu akan terasa lebih sakit pada masa ini. Untuk itu tunda waxingmu setelah masa priode mentstruasimu selesai.

2. Berdiam diri

Beberapa orang akan mengalami kram perut saat maupun menjelang menstruasi. Karenanya, banyak wanita yang lebih memilih berdiam dan mengurung diri pada priode ini. Tapi tahukah kamu berdiam diri justru akan membuat kram perutmu semakin parah?

Akan lebih baik untuk tetap beraktivitas ya saat sedang menstruasi. Agar tidak terlalu mengganggu kamu bisa sekedar melakukan aktivitas ringan. Olahraga ringan seperti jalan santai juga baik saat menstruasi.

3. Minum susu atau produk olahan

Ada perbedaan pemahaman untuk poin satu ini. Beberapa berpikir ketika sedang menstruasi tubuh justru akan lebih membutuhkan nutrisi terutama protein dan kalsium.

Akan tetapi, lemak pada susu mengandung asam arakidonat yang dapat memproduksi prostagladin, yang bisa mengakibatkan perut kram. Konsumsi susu saat menstruasi dikhawatirkan dapat menyebabkan perut kembung dan rasa tidak nyaman.

4. Melakukan hubungan intim

Upsss! Selama menstruasi sebaiknya kamu menghindari aktivitas hubungan intim. Berhubungan intim pada periode ini akan meningkatkan resiko infeksi, penularan penyakit, dan virus pada pasangan.

5. Konsumsi makanan tinggi garam

Sama halnya dengan susu, makanan tinggi garam juga menyebabkan perut kembung. Selain garam, kamu juga penting menghindari makanan dan minuman dengan kandungan kafein, soda dan alkohol.

Fakta menarik dan bermanfaat