5 tips memilih nama domain yang tepat

ZONAUTARA.com – Memilih nama domain bisa jadi urusan yang rumit. Tidak hanya karena kebanyakan nama sudah digunakan, namun untuk mendapatkan nama domain anda dengan tepat adalah faktor penentu dalam kesuksesan platform yang anda bangun.

Sangat jelas alasan mengapa nama domain itu penting. Ketepatan memilih nama itulah yang bisa memastikan domain anda menonjol di antara para pesaing.

Lalu apa saja yang harus dilakukan dalam menentukan nama domain anda? Perhatikan tips memilih nama domain berikut ini:

1. Pemilihan fokus yang tepat

Jika anda berfokus pada negara tertentu, anda dapat menggunakan ekstensi negara tersebut (mis. .co.uk untuk Inggris atau .co.id untuk Indonesia). Jika anda beroperasi secara internasional, .com dan .net adalah pilihan yang bagus.

Baca Pula:  Terbukti khasiat secara ilmiah, ini sembilan kebiasaan nabi Muhammad

2. Pendek dan bertenaga

Usahakan agar nama domain anda singkat tetapi berdampak. Ingat, banyak pengunjung anda yang mengetik domain anda secara manual ke bilah alamat. Sebagai aturan umum, nama domain disarankan tidak boleh lebih dari 20 karakter.

3. Mudah dieja dan diingat

Pastikan nama domain anda tidak terlalu sulit untuk dieja atau diingat.

4. Nama deskriptif

Nama domain deskriptif yang menyertakan kata kunci atau lokasi penting akan membantu memastikan situs web anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Menyertakan kata kunci dalam nama domain anda juga dapat membantu memperjelas jenis produk atau layanan yang anda tawarkan.

Baca Pula:  Terbukti khasiat secara ilmiah, ini sembilan kebiasaan nabi Muhammad

5. Hindari angka dan tanda hubung

Cobalah untuk menghindari penggunaan angka atau tanda hubung (-) di nama domain anda, karena ini dapat menyebabkan kebingungan dan menyebabkan lebih sedikit pengunjung.

Demikian tips yang diharapkan bisa membantu anda sebelum menetapkan pilihan membeli domain. Semoga kesuksesan segera anda raih.

Fakta menarik dan bermanfaat