5 fakta tentang mimpi yang jarang diketahui

ZONAUTARA.com – Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat.

Kejadian dalam mimpi biasanya bermuatan konten-konten tidak real. Simak fakta-fakta tentang fenomena unik seputar dunia mimpi.

1. Mimpi lebih banyak terjadi di pagi hari

Mimpi memang bisa terjadi kapan saja saat kita tidur. Namun, umumnya mimpi sering terjadi pada pagi hari. Itulah kenapa kita kerap merasa mimpi yang dialami sangat pendek. Hal ini juga berkaitan dengan tidur yang kadangkala belum benar-benar memasuki tahap Rapid Aye Movement (REM) atau tidur bermimpi di malam hari.

2. Mimpi tidak terjadi lama

Umumnya mimpi hanya terjadi selama 90-120 menit saja. Selebihnya anda hanya tidur biasa tanpa memiliki mimpi di dalamnya.

3. Saat bermimpi otot lumpuh

Saat memasuki fase REM dan mengalami mimpi, sebagian besar otot yang dimiliki akan mengalami kelumpuhan. Hal ini terjadi untuk menghindarkan kita dari pergerakan saat tidur seperti berjalan sambil tidur.

4. Mimpi bisa muncul lagi dengan tema tertentu

Mimpi yang sering kita alami biasanya tidak akan kembali lagi di hari selanjutnya. Namun, mimpi yang sama bisa kembali tapi dengan tema tertentu. Hal ini cenderung dialami oleh anak-anak. mimpi yang muncul kembali pada anak-anak memiliki tema tertentu misalnya hewan atau monster yang ditakuti.

5. Kebanyakan mimpi berbentuk visual dan hitam putih

Saat sedang bermimpi, sesuatu yang muncul biasanya dalam bentuk visual atau hitam putih. Biasanya mimpi dengan latar hitam putih lebih umum dan mudah diingat. Sedangkan mimpi yang berbentuk visual akan lebih sulit diingat.

Fakta menarik dan bermanfaat