Pelihara 10 tanaman ini agar terhindar dari nyamuk

ZONAUTARA.com – Nyamuk memang selalu dianggap sebagai pengganggu oleh manusia. Dimana serangga ini sering sekali mengganggu melalui gigitannya yang mengakibatkan rasa gatal bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah.

Untuk terhindar dari serangan nyamuk, lingkungan di rumah pastinya harus bersih, karena nyamuk akan berkembang biak pada tempat-tempat yang kotor dan air tergenang.

Selain menjaga rumah selalu bersih, ada hal lain juga yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk, yakni menanam 10 tanaman ini di rumah. Selain bisa terhindar dari nyamuk, tanaman-tanaman tersebut juga akan memperindah rumah Anda.

Baca Pula:  Terbukti khasiat secara ilmiah, ini sembilan kebiasaan nabi Muhammad

Berikut 10 tanaman yang dapat mengusir nyamuk:

1. Lavender

Bunga Lavender (Foto: Istimewa)

Tak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Banyak produk pengusir nyamuk menggunakan bahan dasar lavender.

Nyamuk sangat tidak suka dengan aroma bunga lavender yang sangat harum ini.

Kamu bisa tanam bungan ini di kebun kecila tau ditempatkan dalam pot dan diletakkan di dekat pintu atau jendela. Dijamin, nyamuk pasti kabur.

2. Marigold

Bunga mArigold (Foto: Istimewa)

Mungkin tanaman yang satu ini terdengar kurang familiar, namun ternyata tanaman ini sangat ampuh mengusir nyamuk karena memiliki bau yang khas. Marigold mengandung pyrethrum, senyawa yang digunakan dalam banyak penolak serangga.

Baca Pula:  Terbukti khasiat secara ilmiah, ini sembilan kebiasaan nabi Muhammad

Tanaman ini sangat menyukai sinar matahari dan tanah yang subur. Tanaman ini memiliki bunga berwarna kuning yang sangat cantik ketika mekar.

Selain mengusir nyamuk, marigold bisa mengusir serangga yang memangsa tanaman tomat, jadi kamu bisa menggunakan tanaman ini di sekitar tanaman tomat kamu.

Fakta menarik dan bermanfaat