Hey, Ladies! Untuk pedicure tak perlu ke salon

Cukup rendam kaki di campuran garam dan air hangat

ZONAUTARA.com – Perawatan pedicure kaki di salon cukup populer. Para kaum hawa kerap menghabiskan waktu dan uang untuk perawatan satu ini hanya untuk mengatasi masalah pada kulit dan kuku kaki.

Tapi tahukah kamu, hanya dengan merendam kaki di campuran garam dan air hangat kamu sudah bisa mendapatkan manfaat pedicure kaki.

Yuk, simak cara pedicure kaki ala rumahan berikut ini.

1. Tuangkan air hangat ke dalam baskom atau bathtub hingga kaki terendam

2. Tambahkan ½ cangkir garam epsom ke dalam air tadi

3. Rendam kaki selama 30 – 60 menit

4. Lakukan rutinitas ini 2 kali seminggu

5. Jika ingin sekalian bersantai, tambahkan beberapa tetes minyak esensial kedalam campuran tadi untuk efek yang lebih merilekskan

6. Jika dirasa sudah cukup, keringkan kaki dan lembabkan dengan bodylotion favoritmu

Sangat penting mengoleskan pelembab setelah ritual ini. Hal ini agar kaki tidak pecah-pecah dan iritasi. Selain bodylotion kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan:

1. Mengobati infeksi jamur

Garam epsom dipercaya dapat mengobati infeksi jamur. Untuk mengatasi infeksi jamur pada kuku dan kaki, rendam kaki dua kali sehari selama 20 menit

2. Pengelupaan

Garam epsom dapat digunakan sebagai exfoliant (mengangkat sel kulit mati) untuk melembutkan kaki yang kasar dan pecah-pecah. Selain digunakan untuk merendam kaki, anda juga bisa gunakan garam ini untuk memijat kaki dan menggosok sela-sla jari

3. Menghilangkan rasa sakit

Jika kaki terasa sakit, merendam kaki di air garam bisa meredakan sakit pada kaki anda. Hal ini berguna ketika anda merasa kaki lelah akibat berjalan jauh atau lelah menggunakan sepatu hak seharian.

4. Mengatasi kulit pecah-pecah

Senyawa mineral dalam garam dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu air garam ini juga memiliki efek melembutkan sehingga dapat membantu menghilangkan kulit pecah-pecah.

Fakta menarik dan bermanfaat