Agar anak cerdas, orang tua perlu lakukan hal ini

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yang cerdas dan menguasai banyak hal.

Namun, untuk sampai pada impian itu, orang tua harus mampu menjadi sosok yang dapat membantu anak menjadi seorang yang hebat dan pintar.

Bantuan orang tua sangat diperlukan, karena hal ini mencakup tumbuh kembang anak baik itu secara psikologis dan keadaan kesehatan sang anak.

Ingat, kecerdasan anak dan tumbuh kembangnya adalah tanggung jawab orang tua bukan hanya guru saja.

Dilansir dari alodokter.com. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan oleh orang tua agar anak tumbuh dengan cerdas:

Pemberian ASI

ASI tidak dapat digantikan dengan susu formula manapun. Kebutuhan ASI untuk sang anak ternyata dapat membantu ia menjadi cerdas. Fungsi ASI dapat meningkatkan perkembangan dan fungsi otak pada anak serta mengurangi resiko dalam belajar dan perilaku anak saat beranjak dewasa.

Membaca buku sejak masih bayi

Mungkin bagi moms dan dads hal ini terdengar begitu aneh, tapi dengan membacakan buku pada anak dapat memberikan hal positif untuk kecerdasannya mulai dari kecenderungan dalam kemampuan mengingat, mendengarkan dan kosakata yang banyak. Hal ini dapat dilakukan saat sebelum tidur dengan membacakan buku cerita.

Pilihlah jenis buku yang berbahan kain, berwarna cerah dan memiliki sampul buku dengan gambar-gambar menarik.

Melakukan komunikasi antara anak dan orang tua

Berkomunikasi dengan anak tentu hal yang wajib oleh orang tua. Kebiasaan ini dapat membantu anak untuk bisa berusaha menanggapi komunikasi yang ada dengan nantinya diikuti kelebihan dalam hal membaca dan menulis.

Moms and dads tidak perlu memikirkan apakah anak bisa berbicara dengan jelas atau tidak.

Pengenalan Musik

Musik dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan pada anak. Orang tua dapat melakukan ini pada saat mengandung dengan mendengarkan musik-musik klasik pada anak.

Beberapa penelitian yang dilakukan sebelumnya menunjukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak.

Ikut bermain dengan anak

Moms and dads harus tahu bahwa saat kita meluangkan waktu bermain dengan anak hal ini dapat memberikan kebahagiaan pada anak. Tidak hanya itu pada anak usia 1 tahun kita dapat mengajaknya bermain hal sederhana mulai dari bertepuk tangan dan bernyanyi.

Hal ini dapat membantu ia mengikuti gerakan yang ada dan berusaha melakukannya sendiri.

Untuk anak usia 2 tahun dapat dilakukan dengan menebak suara-suara yang ada, tanyakan pada ia suara apa yang ia dengar. Lalu, biarkan ia menjelaskannya.

Memenuhi kebutuhan nutrisi

Asupan gizi yang cukup dapat membantu anak untuk tumbuh dengan sehat dan cerdas. Makanan seperti ikan tuna, sayuran, biji-bijian, kedelai, susu, telur dan makanan sehat lainnya dapat membantu anak untuk perkembangan kecerdasannya.

Meskipun begitu, moms and dads harus ingat bahwa setiap anak diberikan Tuhan dengan memiliki bakat dan talentanya masing-masing. Tugas kita adalah membantu dia menemukan dan mengembangkan bakat itu.

Fakta menarik dan bermanfaat