8 tips perawatan kulit anda yang mudah berjerawat

ZONAUTARA.comMemiliki kulit mulus dan halus pastinya impian semua orang. Kalau anda memiliki tipe kulit yang mudah berjerawat, jangan berkecil hati. Anda hanya butuh perhatian lebih untuk kulit anda itu.

Pemilik kulit seperti itu harus lebih selektif dan hati-hati dalam memilih produk perawatan wajah untuk hasil wajah bebas jerawat. Berikut tips yang perlu abda perhatikan.

1. Sabun wajah

Sabun skincare ini merupakan produk yang paling umum dan rutin digunakan. Untuk memilihproduk pembersih wajah, coba pilih yang bisa membersihkan wajah dengan baik tetapi tidak membuat efek kering pada kulit wajahmu.

Pilihlah sabun dengan pH balance dan lembut sehingga skin barrier alami anda tetap terjaga. Akan lebih baik jika memilih sabun dengan bahan aktif anti-jerawat untuk mempercepat penyembuhan.

2. Toner

Pilih toner nonalkohol sehingga tidak mengiritasi jerawat di wajahmu. Pada kondisi kulit berjerawat atau meradan, penggunaan toner cukup dengan cara ditepuk-tepuk. Hindari untuk menggosokkan produk pada wajah.

3. Bedak

Make up base juga yang paling umum digunakan setiap hari. Tidak apa apa untuk menggunakan bedak, tapi cobalah untuk lebih selektif. Jika ada even atau kegiatan yang mengharuskan kamu untuk menggunakan bedak, coba gunakan bedak tabur dibanding bedak padat.

Baca Pula:  Terbukti khasiat secara ilmiah, ini sembilan kebiasaan nabi Muhammad

Saat ini produk bedak tabur juga memiliki coveragen yang bagus dan pastinya lebih ramah disbanding bedak padat untuk kulit berjerawat anda.

4. Spot Gel

Jika ada spot jerawat yang muncul, coba gunakan spot gel dibanding dipencet agar jerawat lebih cepat kempis. Pastinya sudah tidak asing lagi peringatan untuk memencet jerawat yang justru akan membuat wajah anda lebih berjerawat lagi.

5. Masker

Anda masih bisa menggunakan masker, tapi tidak dianjurkan untuk produk masker berbentuk bubuk. Produk berbentuk bubuk memiliki residu yang lebih mudah masuk pada pori-pori wajah yang besar pada kulit berjerawat. Hati-hati pula pada produk masker yang bisa mengiritasi wajahmu.

6. Serum

Jika jerawat andatampak kering, bisa jadi kulitmu dehidrasi. Gunakanlah serum yang bisa menghidrasi kulitmu sekaligus memiliki kandungan anti jerawatnya.

7. Krim pagi dan krim malam

Biasanya orang akan sedikit acuh pada produk satu ini. Krim pagi bisa membantu mengurangi efek PIH pada kulitmu. PIH atau Post Inflammatory Hyperpigmentation adalah noda berwarna cokelat atau kehitaman yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih akibat inflamasi. Atau lebih dikenal spot hitam atau noda bekas jerawat.

Baca Pula:  Terbukti khasiat secara ilmiah, ini sembilan kebiasaan nabi Muhammad

Gunakan krim pagi dengan SPF. Pilih produk yangringan dipakai, mengandung pelembab, dan anti jerawat. Hindari penggunaan foundation/ alas bedak/ bb cream ataupun produk sejenis karena berpotensi menyumbat pori-pori.

Sedangkanuntuk krim malammu, pilih yangbisa merawat jerawat. Biasanya akan memiliki kandungan as salisil, retinol, atau bahan aktif alami seperti tea tree oil. Pastikan menggunakan krim malam pada wajah yang sudah benar-benar bersih.

8. Paket jerawat

Jika kamu tidak memiliki waktu ataupun cukup pengetahuan untuk memilah produk satu persatu, kamu bisa coba menggunakan paket jerawat. Paket ini biasanya berisi produk-produk skincare untuk perawatan rutinmu yang memang diperuntukkan khusus untuk wajah berjerawat.

Karena salah memilih produk dengan mudah bisa membuat kondisi kulit jerawatmu lebih parah. Kesalahan yang umum terjadi adalah ketika kamu tergiur membeli produk pemutih yang tidak cocok untuk kulit berjerawat.

Fakta menarik dan bermanfaat